Penggunaan Gorilla Glass

Inilah Manfaat Penggunaan Gorilla Glass Pada Layar Smartphone

Apakah penggunaan Gorilla Glass dalam smartphone itu penting? Pertanyaan itu mungkin pernah menghampiri pikiran atau benak Anda. Gorilla Glass merupakan sebuah fitur yang punya andil cukup penting dalam menjaga dan melindungi layar smartphone Anda, dari goresan atau bahkan bantingan yang mungkin terjadi pada smartphone Anda.

Dikembangkan oleh Corning Inc, Gorilla Glass sendiri merupakan sebuah gelas yang terbuat dari bahan yang disebut dengan alkalialuminosilikat, terbentuk dari ikatan alumunium, silikon dan oksigen yang digabungkan. Ini bukan bahan yang bisa Anda temukan dengan mudah pada sembarang tempat. Corning mulai perkembangannya pada pertengahan tahun 2005, teknologi ini dirancang agar tahan pada kerusakan dan goresan.

Sejarah Kehadiran Gorilla Glass

Corning Gorilla Glass

Sebelum jenis layar ini banyak digunakan seperti sekarang, dahulu ada seorang ahli di Corning melakukan sebuah eksperimen dengan menyimpan sebuah kaca fotosensitif dalam perapian. Lalu perapian tersebut mengalami peningkatan suhu dari yang seharusnya 600 derajat celcius menjadi 900 derajat celcius. Hal tersebut membuat para ahli itu berpikir bahwa kaca itu akan meleleh. Namun, pada kenyataannya, dugaannya tersebut meleset.

Hal yang terjadi ialah terdapat sebuah lembaran yang buram dan ketika ilmuwan itu mengeluarkannya dari perapian, kaca jatuh ke lantai. Uniknya, kaca tersebut bukannya pecah, justru malah memantul dari lantai. Sehingga dapat dikatakan penemuan ini merupakan modifikasi dari sebuah penemuan gagal. Awal tahun 1960, ada studi dengan yang bertujuan untuk memperkuat kaca.

Mereka mencelupkan kaca pada kalium sehingga terjadi pertukaran ion yang memperkuat kaca. Kaca ini diletakkan pada garam yang telah dicairkan pada suhu 400 derajat celcius, agar sodium ion terkecil keluar dari kaca dan kalium dapat masuk menggantikannya. Ketika dalam keadaan dingin, ion yang lebih besar terkompres pada permukaan kaca dan membuat kaca menjadi lebih kuat.

Baca Juga : Game Yang Bisa Memberikan Penghasilan Kepada Pemainnya

Manfaat Pada Smartphone

Smartphone yang menggunakan Gorilla Glass memiliki ketahanan pada layarnya, karena Gorilla Glass merupakan perlindung antigores paling kuat dan terbaik. Smartphone yang menggunakan Gorilla Glass layarnya akan lebih terlindung dari gangguan luar, bahkan saat terjatuh sekalipun kerusakan yang bisa terjadi dapat diminimalisir. Gorilla Glass menjanjikan beberapa kemampuan yang tidak dimiliki oleh jenis kaca lainnya.

Salah satu kemampuan yang paling mencolok dari penggunaan Gorilla Glass ini ialah tidak mudah pecah, sebagaimana telah dibuktikan pada layar Dell Streak. Tidak hanya itu saja, Gorilla Glass juga mampu menampilkan layar yang begitu tipis, yaitu berkisar 0,5 mm hingga 2 mm. Walaupun tipis dan ringan, namun kekuatannya lebih dari itu.

Ukuran layar gorilla yang tipis tidak akan mengurangi sensitifitas pada layar sentuh. Keunggulan lain dari Gorilla Glass ialah bahannya mudah untuk dibersihkan. Misalnya saja pada sidik jari, minyak atau debu dan tidak meninggalkan goresan. Gorilla Glass juga bahkan dikatakan ramah lingkungan, karena tidak terbuat dari besi berat yang membahayakan lingkungan.

Gorilla Glass akan mampu memberikan tampilan yang jernih dan tajam, sehingga sangat ideal bagi gambar HD dan 3D. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh Gorilla Glass bisa jadi suatu hari nanti penggunaan fitur “kaca tahan banting” pada benda elektronik bisa lebih bebas, tanpa harus khawatir akan terjadi sesuatu terjadi pada layar.

Walaupun teknologi layar ini memiliki ketahanan yang cukup, namun bukan berarti benda ini tidak akan pecah. Jika diperlakukan dengan kasar menggunakan benda kuat maka akan pecah juga. Jadi, Gorilla Glass ini cenderung memberikan keamanan untuk penggunaan aktifitas sehari-hari. Demikian pentingnya  Gorilla Glass pada smartphone yang bisa kami berikan.